Lima Sosok Muslim Pertama Yang Jadi Pejabat

Sebuah negara perlu pemimpin yang bisa membawa perubahan baru. Keturunan atau segi agama pun tidak menjadi hal utama bagi mereka yang memimpin sebuah negara. Sifat atau ciri-ciri tertentu seorang pemimpin pun sangat penting, terlebih jika sifat atau ciri tersebut dimanfaatkan untuk mencapai tujuan yang diinginkan apalagi sampai membawa pengaruh yang besar.

Bagi setiap pemimpin negara, hasil suara yang didapat dari masyarakat sangat penting dalam kesuksesan mereka. berbagai cara dilakukan dalam meraih simpati masyarakat termasuk memperlihatkan sifat atau ciri sederhana yang dimilikinya. Segi agama pun menjadi penilaian yang perlu dimiliki setiap pemimpin, termasuk islam, apalagi jika pemimpin tersebut merupakan orang pertama yang duduk di kursi pemerintahan. Tidak sedikit para pemimpin negara yang beralih agama dan menjadi orang pertama yang menduduki kursi pemerintahan, termasuk lima sosok muslim pertama yang duduk di kursi pemerintahan berikut.

Lima sosok muslim pertama inilah yang duduk di kursi pemerintahan. mereka merupakan sosok yang dikagumi karena menjadi orang pertama yang duduk atau bekerja di gedung putih. Salah satunya yaitu Sadiq Khan, ia merupakan seorang walikota muslim pertama yang memimpin kota london, inggris setelah berhasil mendapatkan 47% suara. Kemenangannya tidak terlepas dari para warganya yang memberikan suara dan kepercayaan dalam memimpin kota megapolitan tersebut. Selain Sadiq Khan, beberapa sosok muslim pertama yang duduk di kursi pemerintahan lainnya pun masih banyak. Silahkan simak, Lima Sosok Muslim Pertama Yang Jadi Pejabat.


Lima Sosok Muslim Pertama Yang Jadi Pejabat

Sadiq Khan - Sosok Muslim Pertama Yang Memiliki Jabatan Tertinggi Di Eropa


Lima Sosok Muslim Pertama Yang Jadi Pejabat

Sosok muslim pertama yang menduduki kursi pemerintahan datang dari politikus keturunan imigran Pakistan. Sadiq Khan, terpilih menjadi Wali kota pemerintahan London, Inggris, setelah khan memperoleh 57 persen dukungan, meninggalkan rivalnya Zac Goldsmith dari Partai Konservatif yang memperoleh 43 persen suara.

Atas Kemenangannya, Khan berterima kasih kepada warga London karena telah memberinya kepercayaan memimpin kota megapolitan dengan anggaran 32 miliar USD per tahunnya. Ia tidak pernah menyangka bisa menjadi wali kota karena tumbuh dari keluarga imigran kelas bawah. Pria 45 tahun yang sehari-hari tinggal di Selatan London bersama istri dan kedua anaknya tersebut menjadi sosok muslim pertama yang memiliki jabatan politik tertinggi di eropa.

Rumana Ahmed - Wanita Yang Menjadi Penasihat Persiden Barack Obama


Lima Sosok Muslim Pertama Yang Jadi Pejabat

Rumana Ahmed merupakan wanita berhijab yang menjadi penasihat Presiden Barack Obama dalam bidang keamanan nasional. Perempuan kelahiran Washington berdarah Bangladesh ini merupakan salah satu wanita yang kedudukannya di Gedung Putih, sebagai wakil Ben Rhodes,  Penasihat Keamanan Nasional Amerika Serikat.


Dilansir stasiun televisi Al Arabiya, rumana adalah wanita yang pertama kali masuk ke Gedung Putih sebagai pegawai magang pada tahun 2009. Ia juga mengungkapkan, keinginannya untuk mulai bekerja dengan pemerintah pada tahun 2009,  Ketika melihat kampanye Presiden Amerika Serikat. Rumana sendiri adalah satu dari enam wanita berhijab yang bekerja di Gedung Putih. Walau demikian, ia sendiri mengatakan jika bekerja di pemerintahan bukan keinginan awalnya.


Keith Ellison - Mencatatkan Diri Sebagai Anggota Kongres Amerika Serikat


Lima Sosok Muslim Pertama Yang Jadi Pejabat

Sejarah pertama yang mencatatkan dirinya dalam dekomrasi Amerika Serikat, Adalah Keith Eliison, salah satu pria yang terpilih menjadi anggota Kongres AS mewakili negara Minnesota yang masuk bagian AS ke-32. Pria muslim yang memeluk agama islam di usia 19 tahun tersebut, pertama kali muncul sebagai kandidat yang menduduki jabatan publik di tahun 1998, yang saat itu mencalonkan diri untuk mendapatkan nominasi dari DFL agar menjadi anggota dewan legislatif.

Keith pernah gagal dalam pemilihan anggota legislatif di tahun 1998. namun di tahun 2002, ia kembali mencalonkan diri sebagai anggota legislatif Minnesota. Alhasil, keith pun terpilih menjadi legislator untuk distrik 58D di Minnesota. Dua tahun berikutnya, Ia kembali terpilih menjadi anggota dewan legislatif Minnesota. Karir keith pun terus meningkat, ditahun 2006 ia berhasil memenangkan pemilihan anggota Kongres AS.


Hadia Tajik - Ditunjuk Perdana Menteri Norwegia Sebagai Menteri Kebudayaan


Lima Sosok Muslim Pertama Yang Jadi Pejabat

Jika Rumana Ahmed ditunjuk sebagai penasehat Presiden Barack Obama dan diberi posisi sebagai wakil dari Ben Rhodes, lain halnya dengan Hadia Tajik. Wanita muslim berdarah pakistan ini ditunjuk langsung sebagai menteri kebudayaan oleh Perdana Menteri Norwegia, Jens Stoltenberg. Berusia 29 tahun, hadia ditunjuk untuk memperkenalkan sekaligus untuk menghormati keberagaman budaya norwegia. 

Penunjukan perempuan muslim pertama sekaligus termuda dalam kabinet politik norwegia ini diharapkan mampu untuk mengenalkan jika norwegia merupakan negara yang benar-benar  membuktikan kepada dunia dengan menghormati keberagaman budayanya, walau langkah ini dianggap lebih penting kepada diri sendiri (Norwegia).

Ahmed Aboutaleb - Imigran Yang Terpilih Menjadi Wali Kota Negara Belanda


Lima Sosok Muslim Pertama Yang Jadi Pejabat

Sosok muslim yang menduduki kursi pemerintahan terakhir datang dari pria asal belanda, Ahmed Aboutaleb. Tinggal di Kota Rotterdam, Belanda, Ahmed berhasil terpilih menjadi walikota negeri kincir angin tersebut. Pertama kali datang ke belanda di tahun 1976, Ahmed bekerja sebagai seorang wartawan. Tidak lama kemudian, ia pindah bekerja sebagai seorang pegawai negeri sipil di Kota Rotterdam yang lantas membuatnya resmi menjadi Anggota Partai Buruh di tahun 2007.

Satu tahun berikutnya, Ahmed terpilih sebagai walikota yang memiliki program utama yaitu meningkatkan ekonomi dan integrasi imigran. Walau ia sendiri adalah imigran, ahmed berhasil menjadi pemimpin negara belanda sekaligus membuat dirinya mencatatkan diri sebagai orang muslim pertama yang menduduki kursi pemerintahan negeri kincir angin tersebut.
Nah kawan itulah Lima Orang Yang Mencatatkan Dirinya sebagai orang pertama yang duduk dikursi pemerintahan. Meski memiliki darah yang berbeda, mereka bisa diterima dan dikenal dalam sejarah sebagai orang muslim pertama dalam kursi pemerintahan. Semoga orang-orang yang mencatatkan dirinya dalam kursi pemerintahan lain semakin banyak. Terima kasih kepada kawan-kawan sudah berkunjung dan membaca artikel sederhana ini.

Baca Juga :

loading...

0 Response to "Lima Sosok Muslim Pertama Yang Jadi Pejabat"

Posting Komentar

Terima Kasih Sudah Berkunjung Dan Membaca Artikel Sederhana Ini :
> Silahkan Berkomentar Sesuai Topik Pembahasan
> Tidak Menerima Link Aktif Maupun Spam